Sabtu, 26 November 2011

TROUBLESHOOTING LAPTOP

Mari Belajar Troubleshooting Pada Laptop

Selaku pengguna laptop, umumnya kita kadang dibikin panik atau pusing dengan kerusakan2 apapun yang terjadi pada laptop kesayangan kita tsb. Tanpa pengetahuan sama sekali,  terkadang kita sedikit2 "dipaksa" merogoh saku lebih dalam untuk "kerusakan" yang mungkin bisa kita atasi sendiri (biasanya terjadi klo service diluar service center resmi, :D ). Ga lucu kan klo hanya kerusakan software atau driver yg tidak kompatible, diarahkan menjadi kerusakan hardware, dan kita harus membayar mahal untuk biaya perbaikannya hehe..

Mengenal board & part yang terdapat dalam laptop kita:
Saya tidak menyarankan anda untuk membongkar2 laptop anda sendiri, hanya sedikit mengajak anda untuk tahu dan mengenal bagaimana cara troubleshooting sederhana pada laptop dan apa saja komponen/bagian2 yang berada didalamnya, selain juga bukan kompetensi saya untuk mengajarkan anda tentang ini :).

         Pada link yang saya berikan dibawah ini, anda akan lebih banyak tahu tentang bagaimana cara membongkar laptop, mengganti komponen/part yang rusak seperti LCD, Keyboard, memory, harddisk, keypad dll.

         Dengan gambaran yang diberikan setidaknya anda akan lebih "nyambung" bila harus beradu argumentasi dengan teknisi / service center akan kerusakan yang terjadi pada laptop anda nantinya.

Flowcart pemandu troubleshooting pada laptop:

         Agar langkah2 troubleshooting anda lebih sistematis dan terarah sehingga dapat mendeteksi sumber penyebab "kerusakan" secara lebih tepat, ada beberapa flowcart / skema troubleshooting yg dapat anda pergunakan sebagai pemandu dlm proses troubleshooting (Flowcart dapat didownload pada attachment dibawah).

Software2 pendukung yang diperlukan:

         Ada beberapa software yang dapat anda gunakan untuk melakukan pengecekan tipe hardware yang terpasang, pengetesan fungsi hardware, maupun untuk langkah2 preventif sebelum kerusakan terjadi.
(bagian ini underconstruction, saya agak lupa dimana nyari2 beberapa software lainnya :) )

1. Hirent Tool 9.4
berguna untuk melakukan pengecekan atas kerusakan hardware seperti Harddisk, memory, VGA dan Mainboard.
Meskipun yg biasanya saya pake hanya untuk testing untuk memory saja.


2. Dead_Pixel_Tester_2.50
         Sofware ini dapat membantu bagi anda yg awam, supaya dapat membedakan dan mencari tahu apakah LCD laptop anda ada sel yg mati (tidak berfungsi/dead pixel) atau tidak. Dead Pixel susah bahkan tidak bisa diperbaiki, harusnya termasuk dalam cacat produk, namun para vendor umumnya baru akan mengganti bila terdapat lebih dari 5 dead pixel.

3. HDD Temperature v.4
         Software ini berguna untuk menginformasikan berapa suhu harddisk laptop anda, apakah normal atau overheat.


4. Hardware information
       Software2 ini sangat membantu anda untuk memastikan, apa saja spesifikasi dan merek part yg terpasang dalam laptop anda.

Saya biasa menggunakan software berikut :
 
Demikian teman2 semua..
Semoga sedikit memberi pencerahan terutama bagi masih awam :)




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | Affiliate Network Reviews